Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet Dalam Beberapa Hari Tanpa Modal

Siapa yang tidak mau mendapatkan uang dari internet. Abad ke 21 ini adalah abad dimana internet  semakin berkembang dan merajalela. Untuk sebagian banyak orang, menghasilkan uang dari internet adalah sebuah mimpi. Untuk itu, Jangan takut, karena disini saya akan membongkar rahasia-rahasia yang anda bisa lakukan untuk mendapatkan uang dari dunia Internet.

Berita bagusnya adalah mendapatkan uang dari internet bukan hanya sebuah mimpi. Seperti semua bisnis, penghasilan online anda memerlukan waktu untuk tumbuh besar.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dalam Beberapa Hari


Anda perlu menguasai beberapa elemen seperti SEO atau online marketing. Selain itu, anda perlu menyisihkan waktu, bekerja keras dan percaya diri untuk ide anda berhasil.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet:

1.Youtube


Siapa yang tidak tahu dengan platform satu ini. Youtube sudah menjadi bagian vital untuk kehidupan semua orang.

Statistik mengatakan bahwa pengguna youtube lebih dari 1,3 miliar, 300 jam total video diunggah setiap menit dan 5 miliar video ditonton setiap harinya.

Banyak orang biasa yang bisa menghasilkan uang dan menjadi kaya raya karena Youtube. Contoh: JessNoLimit, Atta Halilintar, Ricis Tv, dll.

Bahkan, pendapatan mereka lebih banyak daripada pengusaha yang mempunyai bisnis menengah keatas. Enaknya, mereka bebas bekerja dimana saja dan kapan saja.

Bagaimana Cara mereka menghasilkan uang dari Youtube?
Sudah jelas dari sponsorship dan Google Adsense.

Misalnya, channel youtube anda tentang smartphone terbaru. Apabila anda terkenal, sponsor akan masuk dengan sendirinya. Namun, ini memakan waktu dan paling sedikit anda memerlukan 20,000-100,000 subscribers.

Google Adsense adalah iklan dari Google. Ketika anda menonton youtube, iklan akan muncul atau ada garis kuning di video tersebut. Ini adalah iklan dari Google, untuk mendapatkan-nya bisa dibilang agak susah.

Google selalu merubah syarat aplikasi mereka. Info terbaru untuk mendapatkan Adsense adalah pemilik channel memerlukan 1000 subscriber dan video ditonton selama 4000 jam.

Perlu diingatkan juga, konten video harus original. Semakin banyak viewers dan pemirsa yang mengklik iklan dari Google, semakin banyak juga pendapatan anda.

Contoh channel Youtube yang lagi booming:
  • Makanan
  • Gadget terbaru
  • Pakaian
  • Game Online
  • Dll

Sama seperti menjadi influencer blogger dan Instagram, pengikut dan audiens anda mungkin membuka potensi penghasilan, namun sebenarnya memanfaatkan berbagai aliran pendapatan lebih membantu dalam menghasilkan uang.

2.Instagram


Anda beruntung sudah terlahir dimana media sosial adalah satu sisi dari hidup kita. Cara mendapatkan uang dari internet yang paling jitu adalah dengan menggunakan Instagram. Bisa dibilang Instagram lebih booming, cepat dan mudah daripada Youtube.

Siapa saja sudah mempunyai Instagram, channel Youtube terkenal pun harus mempunyai akun di media sosial tersebut untuk marketing atau menambah like dan follow. Semakin terkenal, semakin kaya.

Bagaimana mereka mendapatkan uang dari Instagram?


Sponsorship dan endorsement

Hanya sponsor yang bisa memberikan anda uang karena disini tidak ada Google Adsense.

Sama seperti Youtube, anda memerlukan followers dan like yang banyak. Sponsorship akan datang dengan sendirinya ketika anda terkenal.

Perempuan lebih mudah untuk sukses di Instagram karena orang-orang membeli baju secara online sekarang. Anda bisa menjual baju di toko online seperti Bli-Bli, Shopee, Tokopedia, dll.

Namun, penjualan lewat Instagram jauh lebih menguntungkan. Apalagi anda memiliki brand sendiri dan followers yang banyak.

Selain menjual Baju, anda juga bisa memiliki channel makanan seperti Magda (Mgdalenaf). Jajan makanan sangat booming untuk Instagram pada saat ini. Tidak perlu makan di tempat mewah atau mahal, cukup di tempat yang enak.

Anda bisa lihat, akun seperti Magda mempunyai banyak sponsor. Makan dan mendapatkan uang, siapa sih yang tidak mau?

3.Blogging/membuat situs web


Blogging adalah salah satu cara jitu untuk bekerja dari rumah dan mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Anda bisa meraup keuntungan yang lumayan.

Sama seperti cara yang diatas, anda harus mempunyai followers dan juga traffic. Selain itu, anda harus membuat konten secara reguler.

Blogging memerlukan uang yang sedikit, sekitar Rp 500 ribu untuk membeli domain dan server. Jadi, saya kategorikan tanpa modal karena saya PERCAYA, pembaca bisa mendapatkan uang tersebut tanpa kesusahan.

Konten tersebut harus informatif dan berguna, maka orang-orang akan datang ketika anda menulis konten yang baru.

Bagaimana cara mereka mendapatkan uang dari Blogging?

Endorsement, Iklan, menjual barang sendiri, menjual konten, affiliate dll.

Saya bisa menulis 2000 kata bagaimana mendapatkan uang dengan cara ini. Cara yang paling mudah adalah iklan atau menjual barang sendiri. Namun, anda harus mengerti apa itu Search Engine Optimisation (SEO).

Banyak blog terkenal di Indonesia seperti merdeka.com, IDNtimes, jalantikus, dll.

Cara ini lebih susah daripada Instagram ataupun Youtube karena anda memerlukan keahlian khusus. Tidak sulit untuk dipelajari apabila anda tekun dan ada kemauan.

Menjual tempat seperti banner atau sponsored post sangat mudah, cepat dan mahal. Detik.com mendapatkan sekitar 120 miliar pertahun dari menjual banner. Menggiurkan bukan?

Selain itu, anda juga bisa menggunakan link affiliasi. Ini adalah dimana anda mendapatkan komisi ketika orang membeli melalui link anda.

Toko online seperti Lazada, Bli-Bli, Bukalapak memberikan pilihan tersebut. Biasanya, blog tentang gadget lebih mudah mendapatkan uang dari link affiliasi.

4.Freelancer/jasa pembuat artikel


Situs seperti Upwork memudahkan anda mencari kerjaan di dunia maya. Selain itu, anda bisa memanfaatkan media sosial LinkedIn untuk mempromosikan keahlian anda.

Biasanya, pekerjaan yang dicari sebagai freelancer adalah menulis.

Banyak situs web yang tidak mempunyai waktu untuk menulis konten. Jadi, mereka mempekerjakan untuk menulis.

Semua konten yang anda tulis akan dimiliki oleh orang yang membayar anda.

Di situs web Upwork, anda bisa mendapatkan $5 -$100 per artikel.

Keuntungannya adalah anda tidak mempunyai kontrak panjang untuk mengikat anda, tidak perlu dimarahi boss, bisa bekerja dimana saja dan kapan saja.

GetCraft adalah situs dimana penulis freelan berkumpul di Indonesia.

Anda juga bisa mematok harga yang anda mau. Disarankan untuk tidak memasang harga yang terlalu murah karena anda bisa dianggap sebagai pemula.

Tetapi, jangan juga memasang terlalu mahal. Lampirkan pengalaman anda dan pasang harga sewajar mungkin.

Menurut para ahli, kunci dari penulis freelancer adalah mengetahui apa yang ditulis (niche), berteman dengan orang yang mungkin membayar anda dan memberi konten 100 persen original dan informatif.

Ada beberapa situs web yang membuat freelancer mendapatkan uang secara online, salah satunya adalah Upwork.com.

5.Influencer


Influencer marketing adalah bentuk pemasaran di mana fokus ditempatkan pada orang-orang yang berpengaruh di pasar sasaran secara keseluruhan di media sosial.

Ini juga mengidentifikasikan individu yang memiliki pengaruh atas pelanggan potensial.

Sama seperti cara 1 dan 2, anda harus menjadi orang yang terkenal.

Mereka biasanya mendapatkan uang dari endorsement.

6.Jual Foto


Jangan salah, fotographer bisa menghasilkan uang yang banyak. Anda tidak perlu mempunyai kamera yang berharga ratusan juta. Cukup dengan handphone anda dan lensa tambahan.

Menjual stock foto merupakan cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah dan tanpa modal yang banyak.

Situs web yang menawarkan anda menjual stock foto adalah Shutterstock, Istockphoto, Pixabay, dll. Gunakan PayPal sebagai sarana penyimpanan uang yang didapatkan dari situs-situs tersebut.

Berburu foto di alam dan lingkungan sekitar, Indonesia adalah negara yang indah. Tidak perlu ke luar negeri untuk mencari foto yang bagus.

Carilah di sekitar anda dan di dalam negeri. Ini memberikan anda keunikkan yang tersendiri ketika anda mengunggah foto tersebut.

7.Survei Berbayar


Mengerjakan survei di online adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang di internet.

Di survei online, perusahaan akan menanyakan opini anda tentang produk mereka untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Tidak hanya situs web seperti Whaff membayar, sekarang, di indonesia ada membayar anda untuk mengisi survei. Contoh: surveiberbayar.com, in.tinjauperbandingan.net.

Apakah pasti membayar? sudah pasti apabila anda tidak melanggar aturan. Saya mendapatkan uang sekitar Rp 65,000 dalam waktu 1 hari.

Apabila anda mau menghasilkan uang dollar, cek web tersebut:
  • SwagBucks
  • Toluna
  • MySurvey
  • PanelBase
  • Hiving

Setelah anda membuat akun di situs tersebut, anda akan dikirim email apabila ada survei baru.

Saya sarankan untuk membuat beberapa karena mereka tidak setiap hari mengepost survei tersebut. Semakin banyak akun, lebih gampang anda mendapatkan uang.

8.Cryptocurrency


Bitcoin (BTC) atau cryptocurrency sudah menjadi kata yang banyak dicari di internet. Ada yang mencari artinya, asal-usul dan bagaimana cara memperoleh Bitcoin.

Ini adalah sebuah tutorial (panduan) yang lengkap untuk mendapatkan Bitcoin maupun cryptocurrency secara gratis, mudah dan halal.

Ada 4 cara untuk mendapatkan Bitcoin:
  • Membeli
  • Airdrops
  • Mining
  • Faucet

Tiga dari cara diatas bisa didapatkan secara gratis, yaitu airdrops, mining dan faucet.

Saya sudah menulis secara detil bagaimana anda bisa mendapatkan Bitcoin secara gratis di Online.

9.Mengelola media sosial


Mengelola media sosial adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang sangat jitu. Anda bisa mengerjakan ini dari mana saja. Bahkan, banyak orang dari negara India mengelola perusahaan yang berada di Amerika dan Eropa.

Tidak begitu susah untuk mengerjakan hal ini karena hampir semua orang pasti mempunyai akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Ada beberapa sosial media yang lainnya digunakan oleh orang luar, yaitu Linkedln. Media sosial yang ini khusus digunakan untuk hal berbau bisnis.

Baik untuk dipelajari cara membuat layout media sosial yang cantik dan informatif. Seperti Instagram, anda harus mempunyai plan (rencana) untuk acara posting, tidak asal foto dan upload.

Dan begitu juga dengan media sosial lainnya, anda harus menyiapkan jadwal apa dan dimana anda mengepost. Contoh: Gambar harus di Instagram atau Facebook, hal bisnis bagus di Linkedln dan Facebook, pengumuman bagus di Twitter.

Content creator (pembuat konten) fokus dengan membuat konten, selebritis fokus dengan jaga penampilan dan bisnis fokus dengan memperbagus binis mereka. Tidak ada waktu untuk hal ini.

Ini adalah kesempatan anda untuk mendapatkan uang dari Internet.

10.Affiliate marketing


Beberapa cara menghasilkan uang ketika anda tidur adalah dengan affiliate marketing. Ini berbasis komisi. Artinya, ketika pengecer online membayar anda KOMISI ketika orang membeli dengan nomor referensi atau tautan dari anda.

Sangat mudah untuk mendapatkan uang seperti ini dari internet.

Affiliate marketing juga beragam, tidak hanya menjual barang saja. Anda juga bisa merekomendasikan jasa.

Untuk memulai anda harus fokus ke niche anda, jangan sampai anda mendaftar perusahaan yang mempunyai link affiliasi, tetapi tidak ‘sejalan‘ dengan niche anda.

Contohnya, jika anda seorang blogger, anda bisa beraffiliasi dengan RumahWeb untuk membeli server atau dengan Themeforest untuk tema wordpress. Jika Instagram atau Blog anda bertema tekonologi, anda bisa beraffiliasi dengan Lazada, dll.

Selalu fokus dengan tema anda, orang membeli dengan link affiliasi karena mereka percaya atau mau mendukung anda. Ingat, selalu memberitahu pengunjung bahwa link tersebut adalah link affiliasi untuk menjadi lebih transparan.

11. Menjual E-Book


Salah satu cara menghasilkan uang dari Internet adalah menjual E-Book. E-Book adalah buku elektronik, sebuah buku yang di publikasikan dengan cara digital, formatnya seperti PDF, Words.

Biasanya, mereka akan berformat PDF karena terlihat lebih professional. Untuk Memulai, anda bisa membuat blog yang simpel sebagai sarana menjual produk digital tersebut.

Setiap orang pasti memiliki kesenangan dan keahlian. Baik itu fitness, gaming, trading online, dll. Ada banyak orang yang mau belajar hal tersebut. Anda pasti berpikir bahwa anda tidak begitu hebat dan masih ada orang lebih hebat lagi.

Bedanya adalah anda mau berbagi ilmu anda, walaupun ada imbalan uang. Orang kaya seperti Jason Pick, masih menjual cara trading online, Dan Lok masih menjual cara copywriting. Dan masih banyak orang yang tidak terkenal lainnya (mendunia) yang masih menjual E-Book.

Menjual sesuatu yang anda pernah alami lebih bagus karena adanya koneksi dengan orang yang pernah mengalami juga. Dan, membuat orang membeli dan menjadi “pengikut” anda.

Ada banyak software yang anda bisa gunakan seperti Open Office, PDF, Adobe, Google Docs. Jika anda tidak memiliki blog, anda bisa menjual produk digital di Ratakan.

Jika anda memiliki blog, saya sarankan untuk menjual di blog anda dan menggunakan Facebook ads sebagai media advertising karena akan lebih banyak orang yang membeli ( dari pengalaman saya sendiri).

Untuk mendapatkan uang anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

12.Facebook Ads


Zaman sponsor tradisional sudah habis, Facebook dan Google telah menghasilkan uang lebih banyak dari stasiun Televisi dari menjual advertisement (ADS).

Jika anda sering menggunakan Facebook, anda pasti sering melihat advertisement bertebaran di mana-mana. Dan, ads yang disajikan mirip atau sama.

Jika anda seseorang yang memerlukan sebuah buku atau perlayanan dan melihat sponsor tersebut, bagaimana tindakan anda? Riset menyatakan 54 persen akan membeli dari umur 18-25 tahun. Ini adalah angka yang sangat tinggi di bidang bisnis. Artinya jika ada 1 juta orang melihat, 540 ribu akan membeli.

Facebook ads menggunakan sistem CPM dimana anda membayar per 1000 orang melihat. Angka bayaran akan berbeda-beda.

Bisnis yang besar sudah mulai transisi dari tradisional ads ke digital ads. Disini anda akan bersinar.

Bisnis besar, biasanya, akan membayar orang untuk membuat Ads. Membuat Ads yang bagus bisa dikerjakan di mana saja dan klien anda bisa dari luar negeri.

13.Membuat aplikasi


Apakah anda tahu bahwa ada 2.7 juta aplikasi di Google Play Store? Jumlah ini belum ditambah dengan Apple Apps Store.

Setiap tahun, jumlah aplikasi yang ada di store masing-masing akan meningkat karena mendapatkan uang dengan membuat aplikasi cukup gampang (jika aplikasi tersebut banyak di download dan dimainkan).

Apakah anda pernah mendengar flappy bird? Aplikasi permainan yang sempat mencapai ranking 1 di Google Play Store. Developer game tersebut dari Vietnam dan menghasilkan $50,000 (Rp 709 juta) per harinya.

Cara mendapatkan uang tersebut dari Google AdMob, advertisement dari Google untuk Aplikasi anda. Sudah pasti bahwa mereka akan membayar tepat waktu.

14.Group Berbayar


Apakah anda ahli dalam sesuatu? Keahlian anda bisa dijadikan uang.

Selain menjual E-Book, anda juga bisa membuat member premium di Telegram dan Facebook. Saya pernah membayar $50 (Rp 700 ribu) perbulan di Telegram untuk mendapatkan tips tentang trading cryptocurrency dan forex.

Jumlah member sangat mengesankan, sekitar 50 orang. $50 x 50= $2.500 per bulan. Sudah bisa dipastikan bahwa grup di Indonesia tidak mungkin berkisaran $50, saya pernah melihat Rp 100 ribu per bulan dan mempunyai 100-an member. Ini adalah grup fitness.

Bisa dibilang bahwa jika anda hebat dalam sesuatu, sangat gampang untuk monetisasi atau mendapatkan uang dengan skill anda.

Untuk memulai, anda bisa menggunakan cara yang saya sudah ajarkan di daftar di atas:

Cek apa keahlian anda.

Personal story (cerita/masalah pribadi) adalah yang paling bagus karena emosi bisa mengaitkan satu sama yang lain.

Gunakan Media Sosial Advertisement seperti Facebook, Google Ads, Instagram, Snapchat, dll.
Selalu memperbaiki apa yang anda jual, setiap bulan selalu update dengan teknik terkini.
Sopan dengan member anda.

Jangan menipu apa yang anda jual karena kejujuran adalah hal yang gratis.

15. Podcast


Ini adalah bisnis yang lagi booming di negara paman Sam dan Eropa. Dengan jadwal dan jalan yang padat, banyak orang sudah memulai mendengarkan podcast yang bermanfaat, ketimbang mendengarkan lagu.

Contoh podcast yang terkenal adalah Serial, This is America, Radiolab, The daily, S-Town. Masih tidak banyak orang Indonesia yang melakukan podcast, anda bisa menjadi pelopor podcast di Indonesia.

Saya perkirakan bahwa podcast akan booming di Indonesia dua sampai tiga tahun mendatang, dimana internet menjadi lebih murah dan menjangkau seluruh Indonesia

Mendengarkan podcast sama seperti kita membaca buku, perbedaannya adalah podcast menggunakan telinga dan buku menggunakan mata. Kesimpulannya adalah sangat bagus untuk dilakukan.

Mengikuti teori penawaran dan permintaan (demand and supply), banyak influencer beralih dari Youtube ke Podcast. Untungnya, Podcast juga bisa diupload ke Youtube untuk Adsense.

Contoh tipe podcast yang terkenal adalah TED dimana mereka meminta orang terkenal untuk memberikan pidato.

Pertama, anda bisa menggunakan layanan Youtube, Spotify dan Itunes untuk membangun pendengar dan nama. Anda juga bisa membuat website untuk mempromosikan layanan podcast anda.

Kedua, pilih niche anda, bisnis, hiburan, tutorial, olahraga, masal, dll. Terserah, yang penting bisa mengambil hati pendengar anda.

Ketiga, pilih jam tayang dan jadwal.

Seperti Aaron Mahnke, pencipta podcast Lore, mengatakan:

Saya selalu memberi tahu podcaster untuk menggunakan banyak aliran. Jangan hanya menjual iklan di acara anda. Jangan hanya menjual kaos. Jangan hanya melakukan crowdfunding. Lakukan semua itu. Kombinasikan dan temukan campuran yang tepat, dan semua akan menambahkan sesuatu yang lebih kuat dan lebih dapat diandalkan.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Podcast?

Paid advertisement atau iklan/sponsor yang berbayar. Banyak orang akan meminta anda untuk membicarakan sebuah produk.
  • Jual barang anda
  • Coaching
  • DLL

Untuk memulai podcast, anda harus memiliki laptop dan microphone.

16. Jualan Pakaian


Apakah anda pernah melihat baju-baju yang bergambar Naruto, One Piece? Namun, tidak pernah terlihat di toko-toko baju seperti Matahari.

Nah, ini kesempatan kalian untuk menjual baju seperti itu. Modalnya tidak terlalu besar, sekitar 10-20 juta-an untuk memulai. Namun, balik modal juga cepat jika dikerjakan dengan benar.

Anda bisa menjual pakaian tersebut secara online, seperti media sosial, toko e-commerce. Sertakan logo di bawah untuk membantu menyebarkan brand anda.

Pastikan untuk melakukan custom order atau pesanan khusus. Jangan kaku! Jika ada orang yang mau mencetak gambar yang mereka kirim, lakukan-lah karena custom order selalu lebih mahal daripada produk yang anda pasarkan.

Layaknya, seperti semua bisnis, harus dilakukan dengan sabar dan kegigihan. Tips yang saya bisa berikan adalah membangun nama (brand) terlebih dahulu. Bisa dengan teman, komunitas, kolega atau keluarga.

Jika anda memiliki uang lebih, gunakan untuk promosi di media sosial dan link ke instagram atau ke toko online. Ulasan-ulasan sangat penting, jadi selalu meminta mereka untuk memberikan ulasan yang bagus seperti: Toko terpercaya, penjual ramah, barang bagus dan sempurna, dll.

Bila ada hari khusus, seperti Natal, juga jual baju yang berdesign natal. Biasanya, dalam bisnis ini, selalu pilih niche. Jika anda mau anime, jual semua baju yang bertema anime. Jika bertema binatang, jual baju yang bertema binantang. Terkecuali, custom order.

Kesimpulan:
Sungguh mudah untuk mendapatkan uang dari Internet di tahun 2019 ini. Banyak media sosial yang menawarkan anda hal ini, saya sarankan bagi anda, untuk mendapatkan uang dari internet sebaiknya  melakukan dari youtube dan instagram, karena kedua cara tersebut tidak menggunakan modal dan tidak memerlukan keahlian khusus.

Post a Comment